1.
Definisi Konseptual Kreativitas
Kreativitas adalah suatu proses yang
menghasilkan sesuatu yang baru, apakah
suatu gagasan atau suatu
objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru (Hurlock 1978)
2.
Definisi Operasional Kreativitas
Kretivitas
merupakan : “Kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas),
dan originalitas dalam berfikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi
(mengembangkan, memperkayam memperinci( suatu gagasan”.(Munandar SCU, 1077).
3.
Definisi Kreativitas Menurut Clark
Clark berdasarkan
hasil berbagai penelitian tentang spesialisasi belahan otak,
mengemukakan:
“Kretivitas
merupakan ekspresi tertinggi keterbakatan dan sifatnya terintegrasikan, yaitu
sintesa dari semua fungsi dasar manusia yaitu: berfikir, merasa, menginderakan
dan intuisi (basic function of thingking, feelings, sensing and intuiting)”
(Jung 1961, Clark 1986).
4. Teori Kreatifitas
Ø Teori Freud
Freud
menjelaskan proses kretif dari mekanisme pertahanan (defence mechanism). Freud
percaya bahwa meskipun kebanyakan mekanisme pertahanan menghambat tindakan
kreatif, mekanisme sublimasi justru merupakan penyebab utama kreativitas
karena kebutuhan seksual tidak dapat dipenuhi, maka terjadi sublimasi dan
merupakan awal imajinasi.
Macam
mekanisme pertahanan:
- Represi -
regresi
- Konpensasi - Proyeksi
- Sublimasi - Pembentukan reaksi
-
Rasionalisasi - Pemindahan
-
Identifikasi - Kompartementalisasi
- Introjeksi
Ø Teori Ernest Kris
Erns
Kris (1900-1957) menekankan bahwa mekanisme pertahanan regresi seiring
memunculkan tindakan kreatif.
Orang
yang kreatif menurut teori ini adalah mereka yang paling mampu “memanggil”
bahan dari alam pikiran tidak sadar.
Seorang
yang kreatif tidak mengalami hambatan untuk bias “seperti anak” dalam
pemikirannya. Mereka dapat
mempertahankan “sikap bermain”
mengenai masala-masalah serius dalam kehidupannya. Dengan demikian mereka m
ampu malihat masalah-masalah dengan cara yang segar dan inovatif, mereka
melakukan regresi demi bertahannya ego (Regression in The Survive of The Ego.
Ø Teori Carl Jung
Carl Jung (1875-1967)
percaya bahwa alam ketidaksadaran (ketidaksadaran kolektif) memainkan peranan
yang amat penting dalam pemunculan kreativitas tingkat tinggi. Dari ketidaksadaran
kolektif ini timbil penemuan, teori, seni dan karya-karya baru lainnya.
Ø Teori Abraham Maslow
Abraham Maslow
(1908-1970) berpendapat manusia mempunyai naluri-naluri dasar yang menjadi
nyata sebagai kebutuhan.
Kebutuhan tersebut
adalah:
- Kebutuhan fisik/biologis
- Kebutuhan akan rasa aman
- Kebutuhan akan rasa dimiliki (sense
of belonging) dan cinta
- Kebutuhan akan penghagaan dan harga
diri
- Kebutuhan aktualisasi / perwujudan
diri
- Kebutuhan estetik
Kebutuhan-kebutuhan
tersebut mempunyai urutan hierarki. Keempat Kebutuhan pertama disebut kebutuhan
“deficiency”. Kedua Kebutuhan berikutnya (aktualisasi diri dan estetik atau
transendentasi) disebut kebutuhan “being”. Proses perwujudan diri erat
kaitannya dengan kreativitas. Bila bebas
dari neurosis, orang yang mewujudkan dirinya mampu memusatkan dirinya pada yang
hakiki. Mereka mencapai “peak experience” saat mendapat kilasan ilham (flash of
insight)
Ø Teori Carl Rogers
Carl Rogers (1902-1987)
tiga kondisi internal dari pribadi yang kreatif, yaitu:
- Keterbukaan terhadap pengalaman
- Kemampuan untuk menilai situasi
patokan pribadi seseorang (internal locus of evaluation)
- Kemampuan untuk bereksperimen, untuk
“bermain” dengan konsep-konsep.
Apabila seseorang
memiliki ketiga cirri ini maka kesehatan psikologis sangat baik. Orang tersebut
diatas akan berfungsi sepenuhnya menghasilkan karya-karya kreatif, dan hidup
secara kreatif. Ketiga cirri atau kondisi tersebut uga merupakan dorongan dari
dalam (internal press) untuk kreasi.
Ø Teori Cziksentmihalyi
Ciri pertama yang
memudahkan tumbuhnya kreativitas adalah Predisposisi genetis (genetic predispotition).
Contoh seorang yang system sensorisnya peka terhadap warna lebih mudah menjadi
pelukis, peka terhadap nada lebih mudah menjadi pemusik.
- Minat
pada usia dini pada ranah tertentu
Minat menyebabkan seseorang terlibat secara mendalam terhadap ranah
tertentu, sehingga mencapai kemahiran dan keunggulan kreativitas.
- Akses
terhadap suatu bidang
Adanya sarana dan prasarana serta adanya pembina/mentor dalam bidang
yang diminati sangat membantu pengembangan
bakat.
- Access to a field
Kemampuan
berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sejawat + tokoh-tokoh penting dalam
bidang yang digeluti, memperoleh informasi yang terakhir, mendapatkan
kesempatan bekerja sama dengan pakar-pakar dalam bidang yang diminati sangat
penting untuk mendapatkan pengakuan + penghargaan dari orang-orang penting.
- Orang-orang
kreatif ditandai adanya kemampuan mereka yang luar biasa untuk menyesuaikan
diri terhadap hampir setiap situasi dan untuk melakukan apa yang perlu untuk
mencapau tujuannya.
§
http://heru.staff.gunadarma.ac.id/Downloads.
18 maret 2015.21:38
§
http://tri_maryani.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.0.
18 maret 2015.21:38
Penulisan
I.
Peluang Usaha Yang Bagus Untuk Foto 3D di Dalam Kaca Kristal
Jika anda ingin membuat peluang
usaha yang baru yang bisa bersaing dengan banyak produ, maka usaha ini sangat
cocok. Bebreapa keuntungan dalam usaha ini adalah:

Produk baru yang unik
Produk baru ini cukup unik untuk
dilihat. Foto 3D didalam kaca kristal akan memberikan kesan mendalam. Anda akan
seperti mengenang orang yang ada dalam foto tersebut. Foto 3D pasangan dalam
kaca kristal akan lebih indah dengan ekspresi wajah yang bisa ditangkap secara
menyeluruh di dalam kristal kaca.
Produk yang bisa diekspor
Karena keunikan produk ini, anda
bisa mengeskspansi pasar dengan mengekspornya keluar negeri. Kualitas dan
keindahan barang ini akan membuatnya bisa menembus pasar asing. Dalam melakukan
pengiriman, sebaiknya anda perhatikan secara hati-hati agar kaca kristal ini
tetap dalam keadaan baik tanpa tergores saat sampai di tempat tujuan.
Produk bisa divariasikan dalam
berbagai bentuk
Bentuk yang biasa untuk produk
ini adalah bentuk balok. Namun jika anda ingin memvariasikannya anda bisa
membuat bentuk hati, kubus atau bentuk lain. Variasi bentuk ini bisa dilakukan
karena pembuatan kaca kristal bisa dibentuk dalam berbagai bentuk menurut
pesanan.
Dengan beberapa keunggulan produk
ini, anda bisa mencoba peluang bisnis kreatif ini. Untuk membuatnya anda bisa
bekerjasama dengan pembuat kristal dan ahli desain. Anda harus mengeluarkan
modal yang agak besar jika ingin memulai usaha ini karena pembuatan kaca
kristal memerlukan uang yang tidak sedikit. Anda juga harus mempunyai peralatan
untuk membuat foto 3D di dalam kaca kristal. Pastikan anda bekerjasama dengan
ahlinya jika anda tidak bisa membuat produk ini sendiri.
Ide Bisnis Kreatif Bisnis Foto 3d
dalam Kristal
Walaupun modal yang diperlukan
cukup banyak, anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk ini
karena keunikannya. Anda juga bisa menerima pesanan secara langsung dengan
membandrol harga lebih tinggi. Saat ini, harga yang beredar dipasaran untuk
foto 3D didalam kaca untuk gantungan kunci kecil mencapai Rp 190.000,-. Untuk
ukuran besar, anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Dengan
kualitas gambar yang bagus dan keunikan dari kaca kristal, anda akan
mendapatkan keuntungan yang lebih.
Untuk
pemasaran ide bisnis kreatif ini anda cukup menjualnya ke pusat perbelanjaan
modern atau mall. Anda juga bisa menjualnya di toko sovenir. Produk ini akan banyak
dilirik orang karena keuinikan dan kekhasannya. Anda akan dengan cepat
mengembalikan modal yang telah anda keluarkan. Untuk ekspansi ke pasar asing,
anda harus mengumpulkan beberapa persyaratan dokumen untuk dapat mengekspornya
ke luar negeri. Pastikan semua syarat telah anda dapatkan sebelum mengekspor
agar tidak ada permasalahan dikemudian hari. Selalu variasikan bentuk kaca
kristal ada produk anda selalu ada pembaharuan. Orang tidak akan bosan dengan
produk anda, dan produk anda bisa menjadi sovenir yang menarik dan berharga
untuk diberikan kepada keluarga, teman, atau orang tersayang. Selamat mencoba!
Tanggapan
: menurut saya peluang bisnis ini cukup menarik dan cukup menjajikan,dan juga Orang
tidak akan bosan dengan produk ini karna bisa menjadi sovenir yang menarik dan
berharga untuk diberikan kepada keluarga, teman, atau orang tersayang.kekurangannya
itu dalam melakukan usaha awal ini kita memerlukan modal yang cukup besar.
Kesimpulan
: seperti peluang usaha lainnya,peluang poto 3D ini juga memiliki kekurangan
dan kelebihan.
2. ANAK LAKI-LAKI MENUNJUKKAN
KREATIFITAS YANG LEBIH BESAR DARI ANAK PEREMPUAN, TERUTAMA SETELAH BERLALUNYA
MASA ANAK ANAK?
Saya
setuju sekali, karena biasanya anak laki-laki menunjukan kreativitas yang besar
dibandingkan anak perempuan.hal ini disebabkan karena banyak faktor-faktor yang
mempengaruhi kreativitasnya. Hal ini karena anak-anak ditekankan untuk
mandiri,dan mempunyai jiwa pemimpin,dan biasanya anak laki-laki suka mencari
hal-hal baru dibandingkan dengan prempuan.
§
https://peluangusahaok.com/ide-bisnis-kreatif-foto-3d-di-dalam-kaca-kristal.php.
18 maret 2015.21:38
Tidak ada komentar:
Posting Komentar