Rabu, 18 Maret 2015

KREATIVITAS

1.      Definisi Konseptual Kreativitas
Kreativitas adalah suatu proses yang menghasilkan sesuatu yang baru,    apakah suatu    gagasan atau suatu objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru (Hurlock 1978)

2.      Definisi Operasional Kreativitas
Kretivitas merupakan : “Kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas), dan originalitas dalam berfikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkayam memperinci( suatu gagasan”.(Munandar SCU, 1077).
3.      Definisi Kreativitas Menurut Clark
Clark berdasarkan hasil berbagai penelitian tentang spesialisasi belahan otak, mengemukakan:
“Kretivitas merupakan ekspresi tertinggi keterbakatan dan sifatnya terintegrasikan, yaitu sintesa dari semua fungsi dasar manusia yaitu: berfikir, merasa, menginderakan dan intuisi (basic function of thingking, feelings, sensing and intuiting)” (Jung 1961, Clark 1986).

4.      Teori Kreatifitas
Ø  Teori Freud
Freud menjelaskan proses kretif dari mekanisme pertahanan (defence mechanism). Freud percaya bahwa meskipun kebanyakan mekanisme pertahanan menghambat tindakan kreatif, mekanisme sublimasi justru merupakan penyebab utama kreativitas karena kebutuhan seksual tidak dapat dipenuhi, maka terjadi sublimasi dan merupakan awal imajinasi.
Macam mekanisme pertahanan:
- Represi                                              - regresi
- Konpensasi                                       - Proyeksi
- Sublimasi                                          - Pembentukan reaksi
- Rasionalisasi                                     - Pemindahan
- Identifikasi                                       - Kompartementalisasi
- Introjeksi
Ø  Teori Ernest Kris
Erns Kris (1900-1957) menekankan bahwa mekanisme pertahanan regresi seiring memunculkan tindakan kreatif.
Orang yang kreatif menurut teori ini adalah mereka yang paling mampu “memanggil” bahan dari alam pikiran tidak sadar.
Seorang yang kreatif tidak mengalami hambatan untuk bias “seperti anak” dalam pemikirannya. Mereka dapat  mempertahankan  “sikap bermain” mengenai masala-masalah serius dalam kehidupannya. Dengan demikian mereka m ampu malihat masalah-masalah dengan cara yang segar dan inovatif, mereka melakukan regresi demi bertahannya ego (Regression in The Survive of The Ego.
Ø  Teori Carl Jung
Carl Jung (1875-1967) percaya bahwa alam ketidaksadaran (ketidaksadaran kolektif) memainkan peranan yang amat penting dalam pemunculan kreativitas tingkat tinggi. Dari ketidaksadaran kolektif ini timbil penemuan, teori, seni dan karya-karya baru lainnya.
Ø  Teori Abraham Maslow
Abraham Maslow (1908-1970) berpendapat manusia mempunyai naluri-naluri dasar yang menjadi nyata sebagai kebutuhan.
Kebutuhan tersebut adalah:
-           Kebutuhan fisik/biologis
-           Kebutuhan akan rasa aman
-           Kebutuhan akan rasa dimiliki (sense of belonging) dan cinta
-           Kebutuhan akan penghagaan dan harga diri
-           Kebutuhan aktualisasi / perwujudan diri
-           Kebutuhan estetik
Kebutuhan-kebutuhan tersebut mempunyai urutan hierarki. Keempat Kebutuhan pertama disebut kebutuhan “deficiency”. Kedua Kebutuhan berikutnya (aktualisasi diri dan estetik atau transendentasi) disebut kebutuhan “being”. Proses perwujudan diri erat kaitannya dengan kreativitas. Bila  bebas dari neurosis, orang yang mewujudkan dirinya mampu memusatkan dirinya pada yang hakiki. Mereka mencapai “peak experience” saat mendapat kilasan ilham (flash of insight)

Ø  Teori Carl Rogers
Carl Rogers (1902-1987) tiga kondisi internal dari pribadi yang kreatif, yaitu:
-           Keterbukaan terhadap pengalaman
-           Kemampuan untuk menilai situasi patokan pribadi seseorang (internal locus of evaluation)
-           Kemampuan untuk bereksperimen, untuk “bermain” dengan konsep-konsep.
Apabila seseorang memiliki ketiga cirri ini maka kesehatan psikologis sangat baik. Orang tersebut diatas akan berfungsi sepenuhnya menghasilkan karya-karya kreatif, dan hidup secara kreatif. Ketiga cirri atau kondisi tersebut uga merupakan dorongan dari dalam (internal press) untuk kreasi.
Ø  Teori Cziksentmihalyi
Ciri pertama yang memudahkan tumbuhnya kreativitas adalah Predisposisi genetis (genetic predispotition). Contoh seorang yang system sensorisnya peka terhadap warna lebih mudah menjadi pelukis, peka terhadap nada lebih mudah menjadi pemusik.
 -  Minat pada usia dini pada ranah tertentu
Minat menyebabkan seseorang terlibat secara mendalam terhadap ranah tertentu, sehingga mencapai kemahiran dan keunggulan kreativitas.
-  Akses terhadap suatu bidang
Adanya sarana dan prasarana serta adanya pembina/mentor dalam bidang yang diminati   sangat membantu pengembangan bakat.
-  Access to a field
Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman sejawat + tokoh-tokoh penting dalam bidang yang digeluti, memperoleh informasi yang terakhir, mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan pakar-pakar dalam bidang yang diminati sangat penting untuk mendapatkan pengakuan + penghargaan dari orang-orang penting.         
-   Orang-orang kreatif ditandai adanya kemampuan mereka yang luar biasa untuk menyesuaikan diri terhadap hampir setiap situasi dan untuk melakukan apa yang perlu untuk mencapau tujuannya.


Penulisan

                        I.      Peluang Usaha Yang Bagus Untuk Foto 3D di Dalam Kaca Kristal


Jika anda ingin membuat peluang usaha yang baru yang bisa bersaing dengan banyak produ, maka usaha ini sangat cocok. Bebreapa keuntungan dalam usaha ini adalah:

Produk baru yang unik
Produk baru ini cukup unik untuk dilihat. Foto 3D didalam kaca kristal akan memberikan kesan mendalam. Anda akan seperti mengenang orang yang ada dalam foto tersebut. Foto 3D pasangan dalam kaca kristal akan lebih indah dengan ekspresi wajah yang bisa ditangkap secara menyeluruh di dalam kristal kaca.
Produk yang bisa diekspor
Karena keunikan produk ini, anda bisa mengeskspansi pasar dengan mengekspornya keluar negeri. Kualitas dan keindahan barang ini akan membuatnya bisa menembus pasar asing. Dalam melakukan pengiriman, sebaiknya anda perhatikan secara hati-hati agar kaca kristal ini tetap dalam keadaan baik tanpa tergores saat sampai di tempat tujuan.
Produk bisa divariasikan dalam berbagai bentuk
Bentuk yang biasa untuk produk ini adalah bentuk balok. Namun jika anda ingin memvariasikannya anda bisa membuat bentuk hati, kubus atau bentuk lain. Variasi bentuk ini bisa dilakukan karena pembuatan kaca kristal bisa dibentuk dalam berbagai bentuk menurut pesanan.
Dengan beberapa keunggulan produk ini, anda bisa mencoba peluang bisnis kreatif ini. Untuk membuatnya anda bisa bekerjasama dengan pembuat kristal dan ahli desain. Anda harus mengeluarkan modal yang agak besar jika ingin memulai usaha ini karena pembuatan kaca kristal memerlukan uang yang tidak sedikit. Anda juga harus mempunyai peralatan untuk membuat foto 3D di dalam kaca kristal. Pastikan anda bekerjasama dengan ahlinya jika anda tidak bisa membuat produk ini sendiri.

Ide Bisnis Kreatif Bisnis Foto 3d dalam Kristal

Walaupun modal yang diperlukan cukup banyak, anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk ini karena keunikannya. Anda juga bisa menerima pesanan secara langsung dengan membandrol harga lebih tinggi. Saat ini, harga yang beredar dipasaran untuk foto 3D didalam kaca untuk gantungan kunci kecil mencapai Rp 190.000,-. Untuk ukuran besar, anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Dengan kualitas gambar yang bagus dan keunikan dari kaca kristal, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

Untuk pemasaran ide bisnis kreatif ini anda cukup menjualnya ke pusat perbelanjaan modern atau mall. Anda juga bisa menjualnya di toko sovenir. Produk ini akan banyak dilirik orang karena keuinikan dan kekhasannya. Anda akan dengan cepat mengembalikan modal yang telah anda keluarkan. Untuk ekspansi ke pasar asing, anda harus mengumpulkan beberapa persyaratan dokumen untuk dapat mengekspornya ke luar negeri. Pastikan semua syarat telah anda dapatkan sebelum mengekspor agar tidak ada permasalahan dikemudian hari. Selalu variasikan bentuk kaca kristal ada produk anda selalu ada pembaharuan. Orang tidak akan bosan dengan produk anda, dan produk anda bisa menjadi sovenir yang menarik dan berharga untuk diberikan kepada keluarga, teman, atau orang tersayang. Selamat mencoba!
Tanggapan : menurut saya peluang bisnis ini cukup menarik dan cukup menjajikan,dan juga Orang tidak akan bosan dengan produk ini karna bisa menjadi sovenir yang menarik dan berharga untuk diberikan kepada keluarga, teman, atau orang tersayang.kekurangannya itu dalam melakukan usaha awal ini kita memerlukan modal yang cukup besar.
Kesimpulan : seperti peluang usaha lainnya,peluang poto 3D ini juga memiliki kekurangan dan kelebihan.

2. ANAK LAKI-LAKI MENUNJUKKAN KREATIFITAS YANG LEBIH BESAR DARI ANAK PEREMPUAN, TERUTAMA SETELAH BERLALUNYA MASA ANAK ANAK?
 Saya setuju sekali, karena biasanya anak laki-laki menunjukan kreativitas yang besar dibandingkan anak perempuan.hal ini disebabkan karena banyak faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitasnya. Hal ini karena anak-anak ditekankan untuk mandiri,dan mempunyai jiwa pemimpin,dan biasanya anak laki-laki suka mencari hal-hal baru dibandingkan dengan prempuan.


§  https://peluangusahaok.com/ide-bisnis-kreatif-foto-3d-di-dalam-kaca-kristal.php. 18 maret 2015.21:38 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar